3 Keunggulan Menggunakan Kartu Kredit Sebagai Dana Darurat

foto:kaskus

Memiliki dana cadangan yang digunakan pada saat darurat memang hal yang sangat dianjurkan. Menurut para pakar perencanaan keuangan, Anda malah seharusnya memiliki cadangan dana darurat ini sekitar 3 kali dari penghasilan. Sehingga bila terjadi hal yang diinginkan, misalnya sakit, kerusakan aset, hingga keperluaan dana pendidikan yang mendadak bisa menggunakan dana darurat ini.

Meskipun sangat berguna, sayangnya tak banyak orang yang mampu menyimpan dana darurat dalam jumlah yang besar ini. Untuk itulah, Anda juga bisa menggandalkan kartu kredit sebagai cadangan dana darurat.

Sebagian dari Anda mungkin langsung menyangka bahwa menggunakan kartu kredit sebagai dana darurat seperti juga menambah hutang. Padahal tidak begitu. Sebaliknya malah ada beberapa kelebihan bila Anda menggunakan kartu kredit untuk dana darurat. Di bawah ini merupakan 3 diantaranya.

1. Cicilan 0 persen

Menggunakan kartu kredit untuk dana darurat memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya untuk cicilan 0 persen. Jadi misalnya saja Anda membutuhkan biaya untuk membayar rumah sakit Rp 5,000,000. Anda bisa menggunakan cicilan 0 persen ini dan hanya membayar Rp 500,000 saja selama 12 bulan. Tentunya ini tak akan memperberat beban hutang Anda karena tak ada suku bunga yang harus dibayar.

Namun untuk itu Anda wajib membayar tepat waktu dengan jumlah yang sudah ditentukan. Agar tak terbebani denda dari keterlambatan pembayaran.

2. Suku bunga rendah

Bila Anda membutuhkan dana mendesak dalam jumlah yang cukup besar, kartu kredit bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Salah satunya karena proses pengajuan yang mudah dan juga suku bunga rendah. Misalnya saja bila dibandingkan dengan pinjaman dalam bentuk lain, seperti KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Maka kartu kredit menjadi pilihan yang lebih tepat.

Anda akan mendapatkan pinjaman dengan mudah dan juga cepat. Selain itu suku bunga yang dibayarkan bisa sangat rendah. Di beberapa kartu kredit, suku bunga yang harus Anda bayar hanya sekitar 3 persen saja. Proses pengajuannya pun jauh lebih cepat dari pada harus mengajukan KTA yang memerlukan proses hingga beberapa minggu.

3. Bisa tarik tunai

Jangan berpikir bahwa menggunakan dana darurat dari kartu kredit hanya bisa gesek saja. Anda juga bisa melakukan tarik tunai. Meskipun untuk tarik tunai ini, Anda sebaiknya hanya melakukan pada saat benar-benar darurat karena denda yang dibebankan bank cukup besar.

Cara ini memang bisa menjadi solusi paling cepat dan mudah untuk mendapatkan dana cash dalam waktu singkat. Namun tentunya, jangan lupa untuk membayar tagihan kartu kredit dalam waktu yang sudah ditetapkan. Keterlambatan pembayaran kartu kredit akan membuat Anda mendapatkan denda yang jumlahnya bisa cukup banyak. Tak ragu lagi bukan menggunakan kartu kredit sebagai cadangan dana darurat?

3 Keunggulan Menggunakan Kartu Kredit Sebagai Dana Darurat 3 Keunggulan Menggunakan Kartu Kredit Sebagai Dana Darurat Reviewed by Mugiwara Upi on 02.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.